Tips dan Tahap Beriklan di Marketplace Agar Iklan Berjalan Efektif

 

tips iklan di marketplace


Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani bisnis online dengan membuka toko di marketplace seperti Shopee,Tokopedia,Bukalapak pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya iklan berbayar.Di Setiap Marketplace punya masing-masing tipe dan jenis iklan berbayar,jika di shopee ada iklan kata kunci dan iklan produk serupa,jika di Tokopedia ada iklan kata kunci dan iklan headline,sedangkan di bukalapak ada push dan promote push.Semua iklan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing,namun pada dasarnya semua tujuan iklan adalah sama yaitu bagaimana caranya bisa mendatangkan banyak trafik/pengunjung ke toko Anda.Karena persaingan yang sangat ketat,untuk itu agar produk Anda bisa bersaing dengan kompetitor,maka Anda wajib menggunakan iklan berbayar.Namun agar biaya iklan yang Anda keluarkan bisa sebanding dengan pendapatan yang diterima,tentunya Anda tidak boleh sembarangan atau asal-asalan dalam memasang iklan berbayar.

Di artikel kali ini Kami akan membagikan tentang tahapan yang mesti dilakukan sebelum pasang iklan berbayar.Semoga dengan mengikuti tahapan yang Kami berikan ini,iklan Anda bisa mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Tahap pertama yaitu Testing iklan

-Pada tahap ini kita akan pasang  iklan berbayar dengan tujuan untuk mendapatkan data.Data yang dimaksud disini ialah berupa data pengunjung(gender dan usia),waktu beriklan yang efektif(kapan produk kita paling banyak di klik oleh konsumen),serta produk mana yang nantinya akan berhasil terjual.

top ads tokopedia


Untuk pemilihan produk silahkan teman-teman gunakan iklan otomatis(di pilih secara random oleh marketplace) & gunakan kata kunci,proses ini adalah proses pertama yang di lakukan dengan tujuan untuk menentukan kira-kira produk mana yang paling bagus untuk Kita iklankan.  

Melakukan riset iklan

Diawal beriklan gunakan saja bid(biaya iklan per klik) terkecil,selain itu teman-teman bisa coba beberapa jenis iklan,jika di shopee bisa coba iklan kata kunci dan iklan produk serupa,jika di tokopedia bisa gunakan iklan kata kunci dan iklan headline toko,jika di bukalapak ada iklan push dan promoted push.

Tahap Running Iklan

-Pada tahap running ini Anda harus mensetting/mengatur budget iklan serta waktu iklan diaktifkan(kapan iklan akan di jalankan dan kapan iklan akan di matikan).

running iklan top ads


-Selain budget dan waktu beriklan yang sudah Anda tentukan,di tahap running ini juga teman-teman bisa melihat data statistik iklan,kira-kira apa saja kata kunci yang menghasilkan,fokus pada kata kunci iklan yang menghasilkan tersebut serta hapus kata kunci yang tidak relevan.

-Non aktifkan iklan di waktu tidak produktif,Pada saat tengah malam atau pada jam kerja saat orang-orang tidak produktif untuk belanja,silahkan iklan di non aktifkan untuk menhindari boncos.

Tahap Evaluasi Iklan

Scale Up iklan,setelah mendapatkan produk dan metode iklan yang tepat selanjutnya tinggal di perbesar skalanya,Bisa dengan cara meningkatkan budget iklan(misalnya jika tadinya budget iklan sehari Rp 50.000 naikkan sehari jadi Rp 100.000.

Perbanyak winning produk,Jika sudah menemukan sebuah produk yang laris ketika di iklankan,silahkan cari lagi produk yang berpotensi laris jika di iklankan,hal ini bertujuan agar profit semakin bertambah.

Set Target,Setelah semua rencana iklan sudah berjalan baik,langkah selanjutnya Anda bisa set target penghasilan.Dengan adanya target pendapatan/penghasilan biasanya Kita akan termotivasi untuk mencapai target tersebut.

Itulah beberapa tips tentang tahap beriklan yang bisa Kami berikan,semoga bermanfaat dan iklan teman-teman bisa mendapatkan hasil yang sesuai keinginan.Namun perlu diingat bahwa memang akan ada masanya iklan akan mengalami boncos,hal ini bisa di karenakan competitor yang jual dengan harga lebih murah,persaingan yang ketat,serta trend barang yang Anda iklankan memang sedang menurun.

Berlangganan via Email