Cara Mengatasi Masalah Resi Otomatis Untuk Dropshiper

 

dropship resi otomatis

Saat ini hampir semua marketplace sudah menggunakan resi otomatis/cashless,Adapun tujuan dari adanya resi otomatis ini yaitu untuk memberi kemudahan dalam bertransaksi di marketplace,terutama untuk para penjual di Marketplace.Namun,dengan adanya resi otomatis ini  justru menjadi sebuah kendala untuk para dropshipper.Karena dengan adanya resi otomatis (cashless) ini,Para seller diharuskan untuk mencantumkan kode booking yang dicetak dari marketplace pada paket yang di kirim. Sedangkan dropshipper hanya memasarkan produk dan sama sekali tidak mengurus masalah pengemasan barang.

Tapi teman-teman dropshipper tidak perlu khawatir karena Kami akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasi masalah resi otomatis.

Sebelum membahas solusi resi otomatis,yuk kita bahas dulu perbedaan antara resi otomatis dan resi manual.

Resi Manual

-Penjual langsung membayar ongkos kirim ke agen ekspedisi

-Nomor/Kode resi perlu di input manual pada menu pengisian resi di marketplace.

Resi otomatis

-Penjual tidak perlu membayar kea gen,karena nanti ongkirnya akan terpotong otomatis dari saldo.

- Resi akan update otomatis,tanpa perlu menginput secara manual.

Lantas,mengapa resi otomatis ini menjadi masalah untuk dropshipper?

Karena resi otomatis ini mengharuskan penjual untuk menempelkan kode booking pada paket,maka nanti akan terjadi double kode booking,yaitu kode booking dari supplier dan dropshiper,maka nanti akan terjadi invalid resi.

Oke,langsung aja yuk Kita bahas mengenai solusi resi otomatis ini untuk para dropshipper.

1.Order diluar Marketplace

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi double kode booking,jadi dropshipper wajib mempunyai kontak wa/ig/fb/telegram supplier agar bisa menggunakan resi otomatis,atau jika supplier mempunyai website bisa juga order dengan menggunakan website supplier.Jadi nanti jika ada orderan,Teman-teman dropshipper tinggal kasih kode booking,beserta data barang dan data pembeli ke supplier,dan transaksi akan berjalan otomatis di marketplace tanpa perlu input resi secara manual.

2.Menggunakan Jasa Gudang Online Crewdible

Solusi resi otomatis berikutnya yang mesti Anda coba yaitu menggunakan jasa gudang online crewdible. Crewdible merupakan sebuah platform pemenuhan pesanan dan penyimpanan barang.Dengan menggunakan jasa gudang online,maka kita bisa mengaktifkan hampir seluruh jasa ekspedisi yang ada di marketplace,jadi bisa menambah nilai jual toko kita di mata konsumen.Adapun langkah-langkahnya yang harus dilakukan jika ingin menggunakan jasa gudang crewdible adalah sebagai berikut :

crewdible dropship
                                                sumber by youtube iyandri tiluk wahyono

-Buat akun di crewdible.com,lalu isi data secara lengkap.

-Pilih gudang di menu pilihan gudang di Aplikasi crewdible,usahakan cari gudang yang alamatnya dekat dengan supplier.Agar barang cepat sampai di gudang dan cepat dip roses.

-Order barang pesanan konsumen dan kirim ke alamat gudang crewdible.

-Selanjutnya sembari menunggu barang di kirim ke gudang,maka Kita lakukan transaksi di dashboard crewdible,masuk ke menu transaksi,lalu pilih dropship,kemudian isi semua data dropship transit mulai dari foto invoice,isi data dan jumlah paket yang dikirim,data konsumen,serta kurir yang di pilih.

-Setelah itu tinggal tunggu status transaksi di toko Kita akan berjalan otomatis.

3.Kirim Paket ke Alamat Rumah Kita

Solusi ini bisa dilakukan jika rumah Kita dengan supplier tidak terlalu jauh,Namun jika alamat Kita jauh dari supplier,langkah ini sulit dilakukan.Adapun caranya untuk menggunakan cara ini langkah detailnya seperti ini:

dropship menggunakan resi otomatis

-Order barang ke supplier lalu kirim ke alamat rumah Anda.

-Setelah paket Anda terima,selanjutnya Anda tinggal mengemasnya kembali paket tersebut dengan menempelkan kode booking yang Kita dapat dari pesanan kostumer.

-Kirim kembali paket tersebut ke alamat konsumen dengan menggunakan ekspedisi yang di pilih oleh konsumen.

Namun, Ada beberapa hal yang mesti di pertimbangkan ketika menjalani solusi ini agar tidak salah melangkah.

-Pastikan jarak rumah Anda dengan supplier masih dalam jangkauan 1 kota,agar proses pengiriman ke konsumen bisa berlangsung cepat.

-Jangan ambil profit yang mepet karena dengan cara ini Kita mesti mengeluarkan modal ongkos kirim dari supplier ke rumah kita,begitupun ketika kita menggunakan jasa crewdible,ada 2 tambahan biaya yang mesti Kita perhitungkan sebagai modal,Pertama ongkos kirim dari supplier ke gudang sekitar Rp.15.000 serta biaya gudang sebesar 3% dari harga invoice transaksi.Jadi,jangan sampai salah dalam memperhitungkan modal agar tidak tekor.

Itulah beberapa solusi dropship resi otomatis yang bisa Kami berikan kali ini,semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email