4 Model Bisnis Online Paling Banyak di Jalani,Anda Harus Coba

 

bisnis online

Semakin hari jumlah penggguna internet di dunia semakin bertambah banyak,makin banyak masyarakat yang melek internet.Sebagai pebisnis,melihat hal ini bisa dijadikan sebagai peluang.Sudah waktunya Anda melebarkan sayap usaha Anda ke model bisnis online.Ataupun jika Anda belum mempunyai bisnis,maka Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai sebuah bisnis online.Pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan beberapa model bisnis online yang mungkin salah satunya cocok dengan passion Anda.Di masing-masing model bisnis ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya,silahkan Anda coba bisnis yang paling cocok dengan Anda.

1.Bisnis Online Membuka Toko di Marketplace

Marketplace

Yaitu sebuah model bisnis dimana Anda membuat akun dan membuka toko di marketplace.Ada beberapa marketplace yang sangat terkenal di Indonesia dan Anda bisa membuka toko disana,diantaranya Shopee,Tokopedia,Lazada.Untuk memulai berjualan di marketplace,Anda bisa menjual produk sendiri ataupun menjual produk orang lain yaitu dengan metode dropship/reseller.

Keuntungan membuka toko dimarketplace diantaranya :

-Traffic yang memang sudah ramai(karena setiap harinya ada jutaan orang yang berkunjung ke marketplace untuk berbelanja sesuatu).

-Pembayaran yang mudah(di setiap marketplace menyediakan berbagai metode pembayaran seperti transfer bank,pembayaran via merchant seperti indomaret/alfamart,serta metode pembayaran COD atau bayar di tempat.

-Pembuatan Toko yang Cukup Mudah(karena dengan membuka toko di marketplace,Anda tidak perlu untuk membuat website sendiri).

Kelemahan berjualan di marketplace

-Database pelangggan jadi milik marketplace

-Sulit membangun brand,Karena dalam marketplace terdapat banyak sekali toko yang menjual produk yang sama,dan brand yang terbangun di konsumen,cenderung lebih ke marketplace nya.

2.Berjualan Online dengan Membuat Toko Online Pribadi

toko online

Berbeda dengan marketplace,jika membuka toko online pribadi,Anda tidak memiliki saingan di dalamnya,karena itu murni toko Anda sendiri.Namun tetap saja ada kelebihan dan kekurangannya jika membuka toko online pribadi.

Kelebihan Membuka Toko Online Pribadi

-Dapat membuat promosi/iklan sesuai keinginan dan setiap saat.Serta bisa menargetkan target konsumen secara terperinci baik itu dari segi gender,usia,hoby,jenis kelamin,dll.berbeda dengan kalau beriklan di marketplace,Anda tidak bisa menargetkan calon konsumen secara rinci.

-Biaya Operasional Cenderung lebih murah jika dibandingkan bisnis offline yang memerlukan biaya sewa toko,dan biaya lainnya.

Tantangan Membuka Toko Online Pribadi

-Memerlukan dana untuk membeli,hosting,domain,serta biaya jasa pembuatan toko online tersebut.

-Membutuhkan Waktu untuk memperkenalkan brand/toko Anda ke masyarakat.Anda memerlukan biaya khusus untuk mempromosikan produk Anda melalui platform sosial media seperti instagram dan facebook.

-Wajib mempunyai skill marketing,untuk membangun sebuah toko online pribadi,maka Anda perlu menguasai berbagai skill internet marketing seperti skill beriklan di Facebook Ads,Instagram Ads,dan Google Ads.

Hal Yang Perlu Disiapkan Untuk Membuka Toko Online Pribadi

-Produk yang ingin dijual(bisa dengan menjual produk sendiri,ataupun dengan metode dropship/reseller dari produk orang lain)

-Punyai website toko online(silahkan pilih beberapa website toko online yang cocok dengan Anda)

-Menyiapkan konten promosi seperti konten foto dan video produk untuk di iklankan.

3. Bisnis Affiliate Marketer

affiliate marketer

Affiliate marketer adalah sebuah model bisnis online dengan cara menjual produk orang lain,tugas Anda hanya mencari pembeli produk tersebut melalui link affiliate Anda,setelah itu Anda akan menerima komisi setiap terjadi penjualan.

Kelebihan Bisnis Affiliate

-Tidak perlu memiliki produk sendiri

-Tidak perlu sibuk mengurus packing dan pengiriman

-Tidak perlu membayar karyawan

Masalah Yang Biasanya Akan dihadapi dalam Menjalani Bisnis Affiliate :

-Tidak bisa memonitor kualitas barang

-Wajib mempunyai ilmu marketing online

-Komisi yang tidak terlalu besar

Hal yang mesti disiapkan sebelum memulai bisnis Affiliate

-Mencari produk untuk di promosikan,produk ini bisa dalam bentuk produk fisik maupun produk digital.

-Media untuk promosi,bisa dengan menggunakan media sosial pribadi Anda.

4.Menjual Jasa Secara Online

Jasa Online

Jika Anda mempunyai keahlian di bidang tertentu,maka Anda dapat memasarkan jasa Anda secara Online,untuk media promosinya bisa dengan menggunakan sosial media pribadi ataupun sosial media khusus untuk bisnis.

Keuntungan Menjual Jasa Secara Online

-Jangkauan Pasar Yang Lebih Luas

-Biaya Promosi yang Lebih Murah Ketimbang Offline

-Promosi bisa di lakukan dimana saja dan Kapan Saja

Tantangan Menjual Jasa Secara Online

-Wajib Menguasai Skill Promosi Secara Online

-Harus Pandai Bernegosiasi

-Siap Melayani Konsumen yang Sering Komplain dan Minta Revisi

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Menjual Jasa Secara Online

-Keahlian yang ingin Di Pasarkan

-Media Untuk Mempromosikan Jasa

Itulah 4 model bisnis online yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda,silahkan Anda pilih mana yang paling sesuai dengan passion Anda.Semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email