Tips Memulai Bisnis Online Paling Simpel dan Sederhana di 2020

bisnis online paling simpel

Banyak orang yang ingin memulai bisnis online namun bingung harus memulai dari mana,sebenarnya untuk memulai sebuah bisnis online tidak perlu semua hal mesti dipelajari,karena dengan mempelajari semua hal malah akan membuat kita menjadi tidak fokus,sehingga tidak akan menghasilkan apa-apa.Pelajarilah salah satu bidang bisnis online,pelajari dari akar sampai benar-benar menguasai,baru kemudian pindah ke bidang lainnya.Pada artikel kali ini kami akan membagikan bagaimana caranya memulai bisnis online paling simple tapi tetap menghasilkan.

Hal yang mesti dilakukan dan persiapkan :

1.Amati iklan orang lain di beranda Facebook pribadimu

Lihat produk apa saja di beranda facebookmu yang sering muncul,cari sebanyak 5 sampai 10 pcs barang,kemudian catat nama produknya.catat barang yang merupakan produk fisik ya,bukan produk digital.

fb ads

2.Cari Suppliernya di Marketplace

Setelah mencatat nama-nama produknya,pilih salah satu produk yang kamu lihat di iklan orang lain tadi terlebih dahulu,kemudian cari suppliernya di marketplace,usahakan cari supplier yang bisa diajak transaksi diluar marketplace,biasanya ada beberapa supplier yang bisa diajak transaksi lewat Whatsapp.Hal ini karena nantinya kita akan menggunakan resi otomatis.

shopee

3.Masuk google trends
Setelah menemukan produk dan suppliernya,sekarang kalian masuk ke google trends,lalu ketik kata kunci produk yang ingin kalian pasarkan.Kemudian lihat hasilnya,di kota manakah produk yang kalian ingin jual tadi paling banyak dicari.

4.Upload Produk di Marketplace Facebook

Setelah menemukan kota yang paling banyak mencari produk kalian lewat google trends tadi,sekarang tugas kalian posting produk tersebut ke marketplace facebook,isi gambar,nama produk,harga yang sudah dinaikkan,serta kota yang ingin jadi sasaran untuk menawarkan produk itu.

marketplace facebook

5.Lakukan rutin dan konsisten
Upload secara berulang dan konsisten,bila perlu upload menggunakan banyak akun facebook jika kalian memiliki beberapa akun facebook,jangan lupa untuk menggunakan foto dan judul produk yang berbeda,karena jika kita mengupload dengan foto yang sama maka facebook akan menolaknya.

6.Tinggal tunggu respons dari calon pembeli
Setelah rutin upload sekarang tinggal menunggu respon pembeli,layani mereka secara ramah dan santun.
 

Kendala yang biasanya di hadapi

1.Pembeli ragu untuk transfer ke rekening langsung
jika kalian menemukan calon pembeli yang tertarik ke produk kalian,tetapi mereka ragu untuk transfer,maka kalian bisa coba untuk alihkan mereka ke toko marketplace kalian,minta mereka untuk transaksi lewat marketplace.Jadi kalian mesti menyiapkan satu toko di marketplace untuk disiapkan jika ada konsumen yang ragu untuk transfer.

2.Pembeli minta Bayar di Tempat

Kebanyakan pembeli di facebook,rata-rata lebih menyukai belanja dengan system bayar di tempat,untuk mengatasi hal ini teman-teman mesti mempersiapkan beberapa hal berikut :

a.Toko Penjualan di Shopee(Buatlah toko untuk berjualan di shopee,kemudian upload produk yang kalian jual di toko kalian di shopee,jangan lupa untuk aktifkan ekspedisi J&T COD.

b.Buat akun pembelian di Shopee(Akun ini akan digunakan untuk order ke toko kita sendiri,jadi nanti jika ada konsumen yang minta COD,tugas kita adalah lakukan order ke toko sendiri menggunakan akun sendiri,tapi jangan lupa untuk menggunakan alamat konsumen.Hal yang mesti di perhatikan jika ingin order ke toko sendiri adalah gunakan device yang berbeda antara akun jual dan akun beli,karena jika menggunakan akun yang sama maka akun kita akan rentan kena banned oleh shopee.

Bagaimanakan Alurnya Jika konsumen minta COD?

a.kalian catat alamat lengkap serta nomor hp konsumen tersebut.
b.lakukan transaksi menggunakan akun jual dan akun beli sendiri di shopee,isi dengan alamat lengkap konsumen,kemudian pilih metode pembayaran COD.
c.setelah bertransaksi di toko sendiri maka kalian akan mendapatkan kode booking dari ekspedisi di aplikasi shoopee.
d.langkah selanjutnya adalah kalian order di supplier lewat whatsapp,kasih ke supplier produk dan alamat tujuan serta kasih kode booking yang kalian dapatkan tadi ke supplier.
e.sekarang kalian tunggu dana masuk ke rekening shopee kalian apabila barang sudah di terima oleh konsumen.

Lakukan hal diatas secara rutin dan konsisten,inshaallah akan membuahkan hasil yang maksimal jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.Semoga artikel kali ini bermanfaat dan semoga sukses.

 


Berlangganan via Email