Cara Optimasi Toko Online Untuk Meningkatkan Omset Penjualan

toko online


Saat ini persaingan toko online semakin hari semakin ketat,karena banyak para pebisnis yang sudah mulai merambah dunia online untuk mengembangkan bisnisnya.Untuk itu anda mesti kreatif dan terus berinovasi untuk memenangkan persaingan pasar.Banyak cara yang bisa dilakukan agar toko online bisa bersaing di pasaran,pada artikel kali ini kami akan membagikan cara mengoptimasi toko online untuk meningkatkan omset penjualan.

1.Buatlah Toko online yang User friendly

Apa itu User friendly?ialah sebuah website toko online yang mudah untuk digunakan dan mudah dipahami oleh calon konsumen kita,selain itu juga kita perlu membuat desain toko online yang responsive,yang dimaksud dengan desain yang responsive adalah desain toko online kita bisa menyesuaikan perangkat yang digunakan oleh user,saat digunakan menggunakan laptop/computer maka tampilannya sesuai desktop computer,saat di akses melalui handphone,maka tampilan websitenya juga bisa mengikuti tampilan handphone.Dengan begitu,para user akan betah berlama-lama di toko online anda.

2.Membuat Nama Toko Online yang SEO Friendly

Buatlah nama toko anda sesuai dengan produk yang anda jual,lalu diikuti dengan nama kota asal produk anda,hal ini dikarenakan calon pembeli biasanya mengetik dikata pencarian sesuai dengan produk yang mereka cari.Nama toko yang SEO friendly contohnya grosirbatiksolo,kemejakerjajakarta.Atau jika anda sudah memilik brand/merk,maka anda bisa menggunakan nama toko online sesuai dengan brand anda misalnya saliha hijab,beauty collection,dan lain sebagainya.

 

seo friendly

3.Optimasi Fitur Pencarian

Dengan membuat fitur pencarian yang rapi,dan akurat antara tampilan yang dihasilkan dengan kata yang di ketik oleh konsumen,maka hal ini sangat membantu serta membuat konsumen menjadi nyaman mengakses toko online anda.

4.Membuat Katalog Foto Produk yang Menarik

Jika anda reseller/dropshipper,maka biasanya untuk foto produk sudah disediakan oleh supplier,namun yang menjadi masalah adalah ketika anda mempunyai produk sendiri,maka anda tidak bisa sembarang membuat foto produk,karena hal ini bisa membuat toko online kalian jadi kurang menarik di mata konsumen.Usahakanlah membuat foto produk yang bagus,bila perlu gunakan lah jasa fotografer professional.

5.Membuat Form Order yang Ringkas dan Mudah di Pahami

Jangan sampai tampilan toko online anda membuat konsumen bingung ketika mau checkout order,karena hal ini bisa berpotensi membuat konsumen jadi cancel order.Oleh karena itu,buatlah form order yang praktis dan mudah digunakan oleh konsumen.

6.Optimasi SEO

Karena semakin hari persaingan toko online semakin ketat,tentunya akan sangat sulit bagi toko online anda untuk ditemukan di pencarian google.Optimasikan SEO dengan memanfaatkan traffic dari berbagai sumber seperti blog dan youtube.

seo

7.Promosikan Toko online melalui social media

Manfaatkan social media yang anda miliki seperti facebook dan instagram untuk mempromosikan toko online anda.Selain menggunakan traffic organic/gratisan,untuk mendatangkan traffic ke toko online anda,anda bisa menggunakan promosi berbayar,hal ini guna untuk menjangkau audience atau peminat yang lebih luas.Anda bisa menggunakan traffic berbayar seperti Facebook Ads dan Instagram Ads,namun sebelumnya anda mesti membuat dulu fanspage di facebook,serta memahami cara beriklan di facebook ads.

8.Bangun brand Awareness

Konsisten lah dalam melakukan berbagai promosi baik itu dengan cara mendatangkan traffic secara organic maupun yang berbayar.Dengan begitu,brand toko online kalian akan lebih cepat dikenali oleh calon konsumen,jangan lupa untuk mengumpulkan testimony dari pelanggan lama anda,untuk menimbulkan kepercayaan calon pelanggan baru terhadap brand yang anda miliki.

Itulah beberapa tips untuk mengoptimasi toko online anda,semoga setelah di optimasi maka omset toko online anda akan meningkat,jika ada teman-teman yang ingin menambahkan tips lain silahkan isi di kolom komentar.