Blog Niche Pendidikan Ngebahas Apa?

Selamat datang di Cienporcien Digital – Blog pendidikan. Kali ini yang bakalan saya bahas adalah beberapa pertanyaan ente yang baru mau memulai ngeblog dengan niche pendidikan. Blog niche pendidikan ngebahas apa sih?

Padahal ada banyak yang bisa dibahas dalam niche pendidikan. Tapi karena terlanjur bingung, jadinya buntu mau ngisi apaan di blog. Ujung-ujungnya malah jadi curhat.

Nah, makanya postingan kali ini diharapkan bisa ngebantu ente mencari jalan keluar dalam menjawab pertanyaan tadi.

Kalau masih bingung, coba renungi sekali lagi apa yang bikin ente beneran mau bikin blog dengan niche pendidikan.

Apa emang ente punya minat dalam niche itu, atau sebenarnya ente nggak ada minat sama sekali sama dunia pendidikan tapi ente ngeliat adanya peluang dari niche pendidikan, makanya bikin blog niche pendidikan.

Sebenarnya apapun alasannya nggak apa-apa, karena semuanya bakal mengalir seiring ente konsisten dalam memulai blog ente itu.

Saya juga kayak gitu, sempat ada keraguan mau bikin niche pendidikan. Yang kemudian meyakinkan saya adalah karena saya itu guru, saya dekat dengan dunia pendidikan, jadi kenapa saya nggak nyoba aja.



Jadi blog niche pendidikan ngebahas apa? Sebelum kita jawab, sebaiknya kita uraikan dulu poin pentingnya.

Apa itu Niche Pendidikan?

Niche pendidikan adalah salah satu pilihan tema blog yang bisa dipilih oleh blogger dengan membahas topik seputar pendidikan. Dalam hal ini blogger bebas mengeksplorasikan tulisannya dalam bentuk apapun, bisa materi, tutorial, atau pengalamannya yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Cakupan dunia pendidikan juga luas. Tidak hanya seputar sekolahan di mana aktornya adalah siswa, guru, kepala sekolah dan administrasi sekolah. Namun juga ada berita seputar pendidikan lainnya yang bisa dibahas, seperti aplikasi edukasi, berita seputar pendidikan, dan kabar terbaru yang diberikan oleh Menteri Pendidikan.

Semua hal itu masuk ke dalam satu ranah yaitu niche blog pendidikan. Semoga sampai sini paham ya.

Blog Niche Pendidikan Ngebahas Apa?

Di atas tadi sudah diulas sedikit apa yang bisa dibahas. Namun secara lebih terperinci, berikut ini adalah yang dapat ente bahas dalam blog niche pendidikan yang baru dibangun:

Tips Mengajar

Ini berlaku buat guru. Sasaran dari tips yang diberikan bisa luas. Karena ada banyak guru di Negara kita. Meski mungkin cara mengajar sudah diajarkan di bangku kuliah, tapi tidak menutup kemungkinan ada seseorang dengan background selain sarjana pendidikan yang memulai karirnya menjadi guru.

Maka tips mengajar di sini bisa dikerucutkan pada guru pemula. Sehingga poin-poin yang disampaikan nantinya lebih melingkupi tutorial yang diberikan untuk seorang guru baru.

Tips Belajar di Rumah

Kalau tadi berlaku untuk guru, tips yang ini cakupannya adalah siswa. Ini semestinya sih mudah, mengingat kita sudah pernah belajar di rumah dulu jaman sekolah. Jadi beberkan aja pengalaman-pengalan belajar yang paling gampang.

Apalagi sekarang lagi pandemic gara-gara corona. Sekolah diliburkan, jadi mau tak mau semua pelajar di seluruh nusantara belajarnya di rumah.

Membagikan RPP

Bagi guru keberadaan RPP itu penting. Karena menjadi salah satu faktor yang nantinya bakal dinilai ketika supervisi. Saya sendiri biasanya mencari RPP yang memberikan langkah pembelajaran yang paling menarik. Supaya pembelajaran di kelas saya menjadi lebih bervariasi.

Sekarang ini muncul wacana adanya RPP satu lembar. Ini jadi peluang blogger yang punya niche pendidikan untuk membagikan tulisan tentang tema ini. Pasti lagi dicari banget tuh RPP satu lembar. Karena sebentar lagi juga sudah bakal memasuki  tahun ajaran baru.

Aplikasi e-Raport

Selain RPP yang biasanya dicari guru adalah aplikasi raport. Setiap semester bakal ada pembagian raport, sehingga keberadaan e-raport sering dicari oleh para guru yang kesulitan membuat aplikasi sendiri termasuk saya. Jadi membahas tentang aplikasi e-raport juga bisa jadi pilihan.

Materi Pembelajaran

Kali ini untuk siswa lagi. Ada banyak materi yang berkaitan dengan sekolahan. Karena anak sekolah itu mulai dari kelas I sampai kelas XII. Kalau focus ke anak SMA bahkan bisa dipecah lagi jadi perjurusan IPA dan IPS. SMK lebih luas lagi  karena jurusannya bisa lebih beragam, bisa pertanian, ekonomi, pariwisata, tata boga, tata busana, teknik mesin, teknik jaringan, wah banyak deh.

Dari beberapa poin di atas kebaca dengan jelas bahwa akan banyak sekali hal yang bisa dibahas dalam blog niche pendidikan. Jadi jangan bingung-bingung lagi nanya sendiri blog niche pendidikan ngebahas apa.

Semoga postingan ini bisa memberikan inspirasi kepada ente yang ingin memulai membuat blog niche pendidikan. Barangkali ada yang ingin ente tanyakan silakan tinggalkan pertanyaannya via komentar. Wasalam

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel